Monday 28 May 2012

Sambang Getih


 
Nama Latin : Hemigraphjis coorata Hall.
Nama Lokal : Sambang getih, Keji beling , Daun Sarap, Remek daging, Binalu api
Deskripsi tanaman :
       Tanaman herbal Sambang Getih ini merupakan jenis tanaman herbal yang sangat ampuh dalam mengusir batu ginjal. Bahkan sekarang tanaman tersebut sudah diteliti lebih mendalam sehingga mulai bermunculan obat-obat herbal yang berbahan dasar Keji beling I/sambang getih ini. Sambang getih merupakan tumbuhan terna yang tumbuh liar di sekitar kita, namun sekarang sudah banyak mulai dibudidayakan, mengingat khasiat dari tanaman herbal ini. Biasanya tanaman ini juga ditanam  dipinggir kebun.  Tanaman keji beling ini memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, sebagai informasi  bahwa dalam 100 mg daun segar dapat diperoleh 322 mg kalium. Bagian yang berkhasiat dalam tanaman herbal ini adalah daunnya. Dengan kandungan Kalium yang sangat tinggi. Juga terdapat sepura natrium.

Ciri-ciri tanaman herbal keji beling/sambang getih : 
- Batang : batang basah berbaring tingginya bisa mencapai 1/4 m. 
- Daun: Bagian atas berwarna hijau dan bawah berwarna ungu termasuk juga tulang-tulang daunnya. Tangkai daun panjang, berbulu berhadapan pada pangkalnya, berbentuk telur lebar atau berbentuk jantung, pada pangkalnya membulat atau berbentuk jantung, ukuran daun 7 x 4 cm, bagian tepi bergerigi dan kasar. 
- Bunga : Bunga tanaman herbal keji beling ini kecil, tunggal atau berdua diketiak daun pelindung.

Khasiat Tanaman herbal sambang getih/keji beling : 
1. Pengobatan batu ginjal : Gunakan 30 helai daun sambang getih, bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci. Rebus dengan 2 gelas air minum. Biarkan mendidih beberapa menit. Air rebususan ini diminum sekaligus. 
2. Sebagai diureticum, penasak pada persalinan yang tidak normal. 
3. Pengobatan disentri. 
4. Pengobatan haermorroide/Bawazir.


0 comments:

Post a Comment