Thursday 24 May 2012

Akar Wangi

Nama Latin : Adropogon squarosus Linn.
Nama Lokal : Akar babahu, Usar jamur, Narawastu.
Diskripsi Tanaman :
     Tanaman akar wangi ini dapat tumbuh baik dihabitat yang sangat ekstrim yaitu sangat basah maupun sangat kering. Dan juga baik tumbuh didaerah dengan curah hujan antara 1000 – 2000 mm., dengan rentang suhu antara 30 – 35 derajad celcius, tetapi suhu maksimumnya adalah 45 derajad celcius. Tentang pembudidayaannya bisa dilakukan dengan memecah rumpun akar wangi ini menjadi beberapa bagian dengan disertai akarnya, dipotong kira-kira 15 – 20 cm.  Tanaman herba akar wangi ini dapat dipanen setelah 8 bulan masa penanaman, tetapi untuk hasil maksimum kadar minyak atsirinya sebaiknya dipanen pada umur 14 – 16 bulan. Karena bila dipanen setelah tua maka kadar minyak atsirinya telah menurun.  Akar wangi adalah tanaman yang bisa disuling dan menghasilkan minyak atsiri.

Ciri tanaman herbal akar wangi :

  • Berbentuk Rumput, tinggi 1,5 – 2,5 m kuat, hidup lama, banyak rumpun.
  • Tangkai : Panjang tidak lebar, daun hijau kelabu.
  • Bunga : mengumpul menjadi pucuk lembaga, dengan cabang-cabang seperti telinga, agak besar, hijau atau ungu, berduri tempel (tidak kuat).
  • Akar serabut : merah perang, tumbuh tak beraturan agak apek wangi (vetiver, cuscus, rad. iranancusae).
  • Zat yang terkandung didalamnya adalah minyak terbang, zat pahit, minyak atsiri.

Manfaat dan kegunaan dari tanaman herbal akar wangi ini adalah sebagai berikut :

  1. Bau mulut : Akar wangi beberapa potong, daun sirih 2 lembar, pegagan 1 genggam, Buah kapulaga 6 butir air 110 ml. Buatlah infus. Gunakan untuk berkumur, lakukan 2x sehari, setiap kumur 100 ml, bisa juga diencerkan dengan air hangat sebagian untuk ditelan. 
  2. Obat rematik : Ambil akar wagi secukupnya, lalu gosokkan pada bagian yang sakit.

Manfaat dan kegunaan lain
Minyak akar wangi bisa dimanfaatkan untuk pembuatan parfum, bahan kosmetik, pewangi sabun, wangi-wangian, juga untuk mencegah datangnya  seranga – serangga pada tanaman. Sehingga biasanya ditanam sebagai pagar  tanaman, bisa juga sebagai pembatas antar tanaman.



0 comments:

Post a Comment