Sunday 27 May 2012

Kencur


Nama latin: Kaemferia galanga Linn
Nama lokal : Cikur,Kencur,cekuh
Diskripsi tanaman :
      Tanaman ini tumbuh subur didaerah dataran rendah ataupun pegunungan. Baik tumbuh didaerah yang gembur. Juga tumbuh baik pada musim penghujan.
      Tanaman herbal ini berbatang basah dan tidak tgerlalu tinggi, merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan ataupun kadang ditemui masih sebagai  tanaman liar. Daun tegak ataupun berbaring lebar sampai 27 cm, panjangnya kurang dari 9 cm. Bagian atasnya sering berbintik-bintik.  Tanaman ini berbunga 4 – 6 bunga dalam 1 bulir, berwrna putih dengan labellum besar, rata ungu dengan tambahan seperti daun bercelah 2. Akar tanaman ini pendek, tum,pul berbentuk jari sebesar jahe oleh sutu bintik terbagi dalam bagian- bagian pendek, ersisik tapi tidak keras. banyak getah dan mudah patah. berwarna putih.

Kandungan zat dalam tanaman herbal kencur ini adalah sbb. : 
- Di  tanaman ini terdapat juga Pati 
- Minyak terbang 0,2 % (Kaemferia) 
- Cineol 
- Asam methyl 
- juga kaya akan Minyak atsiri

Manfaat dan Resep yang menggunakan Kencur :

  1. Obat batuk. : Ambiul bebrapa buah kencur parut dan diperas, campurkan dengan  madu secukupnya, tambahkan dnegan madu dan beberapa tetes jeruk nipis. Ramuan ini diminum 3x sehari sampai sembuh.
  2. Keseleo : ambil beberapa kencur dan beras yang seudah diendapkan. Lumatkan kedua bahan dan tempelkan pada bagian yang kexeleo.
  3. Sebagai minuman beras kencur :  Minuman ini berfungi untuk menyegarkan tubuh. Juga berguna untuk nenbjaga kesehatan dan segar bilk adiminum dan juga mempunyai khasiat mingkatkan nafsu makan.



0 comments:

Post a Comment