Sunday, 27 May 2012

Kamboja

Nama Latin : Plumeira acutofolia Poir.
Nama Latin : Samboja, kamboja.
Diskripsi tanaman :
      Tanaman kamboja biasanya ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman hias karena bunganya bervariasi dan akar serta batangnya bisa dibentuk bonsai yang bagus, selain itu  kamboja juga bisa digunakan sebagai herbal. Tanaman kamboja dulu dikenal sebagai tanaman kuburan, tapi sekarang sudah berubah, tanaman yang berbunga cantik-cantik ini terlihat  dihalamam rumah kota-kota besar digunakan sebagai tanaman hias. orang tak ragu lagi menghiasi rumah dengan tanaman kamboja ini. Semua bagian tumbuhan ini mengandung banyak getah, kadang-kadang tumbuhan telah banyak berbunga walaupun belum berdaun.

Ciri-ciri tanaman herba kamboja adalah sbb :  
- Batang : Batang basah, berulang-ulang berbatang tiga, banyak dipekuburan, berasal dari Amerika tengah, sampai 700 m dpl, pokok (muda) ; terbelah, kaju ; halus, berserabut pendek, berkembang bagus dan mengkilap. 
- Bunga : Putih wangi tengahnya kuning. 
- Daun : Rata, ujung dan pangkal menajam.

Zat yang terkandung didalam tanaman herba ini adalah sbb : Getah mengandung damar dan asam plumeria, kulitnya mengandung plumerid (pahit, beracun), direticum.

Berikut beberapa resep yang mengguanakan tanaman herba kamboja sebagai obat :  

  1. Kencing nanah : Ambil satu potong akar kamboja, cuci bersih, rebus dengan 1 cangkir air sampai mendidih. Minumlah 1x dalam sehari. 
  2. Patek, puru : Ambil 2 sirap kulit kamboja, cuci bersih, giling halus, rebuslah dengan 1 cerek air hingga mendidih. Gunakan untuk mandi dan gosok bagaian yang luka. 
  3. Memulihkan bengkak pada bagian tubuh : Ambil 1 sirap kulit kamboja, cuci bersih, giling halus dan rebus dengan 1/2 cerek air sampai mendidih. Gunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak. 
  4. Bisul :
    1. Resep I : Ambil daun kamboja , cuci bersih, lemaskan daun kamboja dan olesi dengan minyak kelapa. Tempelkan pada bagian tubuh yang kena bisul.
    2. Resep II : Ambil getah kamboja dari pohonnya. Gunakan untuk mengolesi bagian tubuh yang kena bisul.

0 comments:

Post a Comment