Monday 28 May 2012

Pala

 
Nama latin : Myristica fragans Haoult.
Nama lokal : Pala, Pahalo, Paala, P. bibinek.
Diskripsi tanaman :
       Tanaman Pala ini merupakan tanaman herbal asli dari Maluku. Sedangkan didaerah lain biasanya tanaman ini ditanam untuk dibudidayakan. Pohon tanaman ini bisa mencapai 18 meter. Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian rata-rata 1000 meter diatas permukaan laut.

Ciri-ciri tanaman herbal pala :  
1. Pohon : ketinggian pohon bisa mencapai 18 m. 
2. Daun : Berbentuk bulat telur atau lonjong panjang dengan bagian pangkal dan ujungnya tajam. Bagian bawah daun berwarna hijau kebiruan sedangkan bagian atas daun berwarna hijau tua. Dengan ukuran daun 15 x 7 cm. 
3. Bunga : Bungan tanaman pala ini berwarna kuning, dan berbentuk buyung yang sebagian besar berkelamin jantan dan sebagian lagi berkelamin betina. 
4. Buah : Berbentuk  bulat lonjong atau berbentuk buah per, tangkai panjang dari pangkal sampai ujung terdapat saluran,  semacam saluran yang membagi buajh dalam dua  bagian. Bila telah masak maka buah ini akan terbelah menjadi 2 menurut saluran itu. 
5. Biji : Berwarna merah, indah. 
6. Daging buah : tebal, keras berwarna putih, banyak getah encer, seperti air susu dan rasanya sepat.

Kandungan zat berkhasiat pana tanaman pala :  
- Pada bagian kulitnya terdapat minyak terbang. 
- Pada bagian daun : Terdapat minyak terbang tak berwarna. 
- Juga terdapat protein, lemak, gula pati, Vitamin A, B1 dan C.

Khasiat dan kegunaan tanaman herbal pala :
Dalam hal  untuk penggunaan untuk pengobatan penyakit, Tanaman ini telah digunakan secara luas untuk obat herbal, adapun  beberapa contoh penyakit yang dapat diobati dengan tanaman herbala pala tersebut adalah sebagai berikut :
1. Untuk kejang lambung :  ambil 1 sedok teh pala dan garam sedikit diseduh dengan air.
2. Dalam berbagai referensi tanaman pala ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati bebrbagai macampenyakit, antara lain : Disentri, Maag, Mencret, Muntah-muntah,  Mual, Mulas, perut kembung, sukar tidur pada anak-anak, Reumatik dan Unutk mengobati suara yang serak.


0 comments:

Post a Comment