Thursday 24 May 2012

Dadap Serep

 
Nama latin : Erythrina lithosperma Bl. non Miq.
Nama lokal : Dadap serep
Diskripsi : Sifaf  khas tanaman herbal dadap serep ; Pahit, mendinginkan, dan membersihkan darah.
Ciri – ciri tanaman Bratawali :
1. Pohon agak besar, tinggi sampai 22 m,  diseluruh Asia Timur, di Jawa tidak dipelihara, liar, dihutan, antara  tiga ratus dan lima ratus meter diatas permukaan laut, ditanah pasir dan hutan, ditanah gemuk aluviaal (kukup). 
2. Pokok , batang, daun, dan tumbuhan tidak terpelihara banyak duri tempel, jenis yang bertangkai tidak berduri. Pangkal daun agak bundar, daun diujung lebih lebar, kadang-kadang  hampir bundar, pangkalnya bundar, ujungnya pendek dan tajam.
3.  Bunga : daun lunas pada pangkalnya, sedikit atau tidak berlekatan, benang sari yang terdepan terlepas sering kali sama sekali sampai pangkalnya.

Kegunaan daun dadap serep : Sebagai obat herbal demam, pelancar ASI, mencegah keguguran (obat luar) , nifas, pendarahan bagian dalam (obat luar) , sakit perut (obat luar).
Kegunaan kayu dadap serep : sebagai obat herbal batuk,  sariawan perut.

Cara membuat ramuan beserta takarannya :
1. Sariawan perut :
Ramuan ; Kulit kayu dadap serep 3 g, sido wayah 3 g, daun prasman segar 4 g, akar manis cina 4 g, air 110 ml, Cara pembuatan : Dibuat infus.
Cara pemakaian : Diminum sehari 1x  100 ml.
Lama pengobatan: Diulang selama 14 hari.
2. Peradangan / pendarahan bagian dalam :
Ramuan : Daun dadap serep secukupnya, air secukupnya.
Cara pemakaian : Dibalurkan pada bagian yang diperkirakan terjadi pendarahan bagian dalam.
Lama pengobatan : Diperbaharui setiap 3 jam sekali.
3. Sakit perut :
Perut merasa mulas, tinja mengandung darah dan lendir. Selain diberi obat minum yang cocok,  perut diberi tapel dengan ramuan sbb : Daun dadap serep secukupnya , air secukupnya.
Cara pembuatan : Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian : Dibalurkan pada perut.
Lama pengobtan : Diperbaharui setiap 3 jam sekali.
4. Demam :
Selain diberi obat penurun panas yang diminum, untuk mempercepat penurunan suhu badan dapat dikompres dengan dadap serep.
5. Mencegah keguguran :
Bagi ibu yang sering menderita keguguran, untuk mencegah hal tersebut, disamping istirahat tiap hari perut dikompres dengan dadap serep yang dipipis halus. Bobokkan agak tebal dan pakai gurita.
6. Nifas :
Ibu yang sehabis bersalin mengalami nifas. Untuk menjaga kesehatan ibu, dapat digunakan bobokan daun dadap serep memakai gurita.

0 comments:

Post a Comment