Friday 6 December 2013

Tentukan Prioritas dan Evaluasi Hasilnya

Apa yang kita inginkan bila pengunjung mengunjungi blog kita? Yang namanya keinginan tentunya banyak, kan?
Ini antara lain: membaca lebih dari satu postingan, mengklik iklan yang ada, berlangganan RSS feed, mengklik link afiliasi dan membeli produknya, membeli produk kita, membookmark blog, memberikan komentar, mengirimkan postingan kita ke situs sosial dan situs bookmark, dan sebagainya.
Tak heran, untuk mencapai keinginan itu kita biasanya melakukan hal ini:

  • Menempatkan iklan sebanyak mungkin agar pengunjung mengkliknya
  • Menaruh banner dan link afiliasi sebanyak mungkin dengan harapan banyak yang bergabung
  • Memenuhi sidebar dengan link postingan
  • Memasang emoticons
  • Meletakkan banner sponsor dan CPM di banyak tempat.

Sayangnya, sangat sulit mendesain blog untuk mencapai semua keinginan tersebut. Alih-alih mendapatkan hasil yang memuaskan, tampilan blog menjadi sesak (crowded) dan mungkin membuat bingung pembaca.
Lalu, apa solusinya?

Menurut saya, solusinya adalah 2 hal berikut:
1. Tentukan prioritas
Prioritaskan apa yang Anda inginkan dari pengunjung. Bila Anda punya 10 keinginan, maka prioritaskan saja 3 hal misalnya:

  • Pengunjung membaca lebih dari satu tulisan
  • Pengunjung berlangganan RSS feed
  • Pengunjung mengkilik iklan

Setelah itu, desain blog Anda berdasarkan ketiga prioritas tersebut. Kesampingkan dulu keinginan Anda yang lain.
Kuncinya adalah semakin sedikit yang Anda inginkan dari pengunjung, peluang pengunjung melakukan apa yang Anda inginkan tersebut semakin besar.

2. Evaluasi hasilnya
Evaluasi ketiga prioritas itu dengan melihat antara lain indikator hasil yang diperoleh dan waktu loading. Waktu evaluasi ini bergantung kepada Anda, bisa sehari, seminggu, dua minggu, dan bahkan satu bulan.
Jika misalnya iklan yang ditampilkan memberatkan waktu loading dan hasilnya kurang memuaskan, ada baiknya Anda mencopot iklan tersebut.

0 comments:

Post a Comment