Repotnya, jika mau tak mau setiap hari kita harus melewati salah satu
jalan yang terkena banjir atau genangan air tersebut. Baik untuk
bekerja atau beraktivitas lain yang tak bisa ditunda atau dibatalkan.
Jadi tak ada pilihan selain harus melewati genangan air tersebut.
Untuk
itu tentu saja kita perlu sedikit tambahan persiapan berupa kiat-kiat
untuk melewati dan mengatasi masalah saat kendaraan kita harus melintasi
genangan air tersebut. Bagaimana caranya?
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda mengemudikan mobil di saat banjir melanda:
1. Kenali kendaraan kita
Perlu
diketahui jenis dan karakter tertentu yang terdapat pada mobil kita, seperti jenis kendaraan (sedan, pikap, atau jip). Sehingga kita dapat
memperhitungkan batas ketinggian maksimum air yang dapat membuat air
masuk ke dalam kabin atau ke dalam ruang pembakaran mesin melalui rumah
saringan udara.
Misalkan ketika mengendarai sedan yang
dimodifikasi (ceper), maka kita harus sadar bahwa mobil itu memang
terbatas sekali kemampuannya melalui daerah banjir.
Jika hanya
genangan air kurang lebih 25 sentimeter saja tak ada masalah. Tapi bila
ketinggiannya lebih dari itu, sebaiknya jangan dipaksakan, alias balik
arah saja.
2. Kuasai mobil dan kendarai secara halus
Maksudnya
adalah jangan terlalu takut dan cemas, sehingga jadi serbasalah di saat
mengemudi. Tetap tenang, yang penting sejak awal kita sudah
perhitungkan bahwa mobil kita akan mampu melewati genangan air tersebut.
Jika
memang sejak awal sudah diperhitungkan, bahwa genangan tak mungkin
mampu dilewati karena tinggi permukaan air yang di atas batas kemampuan
mobil kita, jangan memaksakan untuk terus. Berbalik arah adalah terbaik.
3. Hindari Aqua Planning
Aqua
Planning adalah suatu keadaan terdapatnya air di antara ban dan
permukaan jalan, sehingga traksi antara ban dengan permukaan jalan
hampir tak ada atau nol. Hal ini disebabkan telapak ban atau kembangan
ban tak mampu membuang air ke samping dengan cepat, sehingga kendaraan
seolah-olah 'melayang' dan susah dikendalikan.
Hal tersebut dapat
Anda hindari. Caranya, sewaktu akan memasuki genangan air di depan,
kurangi kecepatan dengan melakukan pengereman dan segera pindah ke gigi
lebih rendah, sampai akhirnya ke gigi 1 (atau perseneling L pada mobil
bertrasnmisi otomatis).
Selama memasuki genangan, jaga rpm mesin jangan sampai terlalu rendah.
Usahakan
rpm selalu di atas 1500. Sebab Anda perlu menjaga traksi kendaraan.
Dengan rpm tinggi, akan membuat traksi roda kendaraan semakin besar dan
maksimal.
4. Imbangi pengereman dengan engine brake
Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hilangnya traksi (slidding),
hingga pengendalian kendaraan menjadi kurang terjaga. Dengan pengereman
yang dibantu engine brake, traksi ban akan selalu terjaga. Pengereman
pun jadi lebih aman dan optimal.
5. Hindari pengereman mendadak
Jika
sampai harus melakukan pengereman, usahakan kaki bergerak seolah-olah
seperti sifat Anti-lock Brake System (ABS), yaitu tekan-angkat.
Jadi
lakukan pengereman dengan cara menginjak pedal rem, lepaskan kemudian
injak lagi. Lakukan beberapa kali. Hal ini memang memerlukan jam terbang
mengemudi dan pengalaman khusus mengenal karakter rem kendaraan kita
sendiri.
6. Amati segala sesuatu yang terjadi dengan mobil di depan
Pada
saat kendaraan harus melalui genangan air yang dianggap cukup dalam
(sekitar kurang lebih 50 sentimeter), sehingga permukaan jalan tak
tampak. Kemudian ada sesuatu yang terjadi dengan mobil di depan kita,
misalnya terperosok lubang yang dalam.
Anda tak perlu melakukan kesalahan yang sama. Saat melintas di tempat sama, pilih sebelah kiri atau kanan tempat lubang tadi.
7. Amati genangan air terendah
Jika
diperhatikan, mobil yang melewati daerah banjir tentu menyebabkan
terjadinya gerakan atau gelombang air di belakangnya. Nah, antisipasi
kita saat berada di belakang kendaraan lain adalah memilih atau
menyesuaikan jarak mobil dengan mobil di depan, yang terjadi gelombang
air paling rendah.
8. Kurangi tekanan ban
Untuk
menambah kemampuan traksi, bila perlu kurangi tekanan ban 1 atau 2
spek. Misalnya pada keadaan normal tekanan ban adalah 30 psi, untuk
menghadapi musim penghujan ini sebaiknya dikurangi menjadi 28 psi. Tapi
jangan lupa pada saat keadaan normal tambahkan tekanan seperti
sebelumnya.
9. Kemudikan mobil sedikit ke tengah
Karena
kondisi permukaan jalan tak tampak tertutup air, maka batas antara
aspal dan bahu jalan tak kelihatan. Biasanya ada beda ketinggian di
situ. Untuk menghindari terperosok ke bahu jalan, sebaiknya ambil haluan
sedikit ke tengah.
10. Normalkan atau keringkan kembali rem kita
Setelah
berhasil melewati suatu genangan banjir, perhatikan situasi jalan dan
cari tempat yang aman dan tidak mengganggu pengendara lain untuk
mengeringkan rem, terutama sistem tromol.
Hal ini bisa dilakukan dengan cara menginjak pedal rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan secara bersamaan.
Atur
supaya mobil tetap dapat berjalan dengan pelan. Tak usah sampai terlalu
jauh, cukup sekitar 10-15 meter saja. Dengan demikian akan timbul panas
yang akan mempercepat keringnya tromol rem.
0 comments:
Post a Comment